Kamis, 25 Juli 2019

Pokok-pokok Isi Kandungan Surat At-Tiin


Pokok-pokok Isi Kandungan Surat At-Tiin

Surat At-Tiin terdiri atas 8 ayat, Surat At Tiin adalah surat ke 95 dalam al Qur’an termasuk kelompok surat Makiyah ( yang diturunkan di Makkah), Nama At Tiin diambil dari kata ”At-Tiin” yang terdapat pada ayat pertama surat ini yang artinya buah tin.
Pokok-pokok Isi Kandungan Surat At-Tiin dapat disimpulkan sebagai berikut :


  1. Allah bersumpah dengan menggunakan 4 tempat suci yaitu :
a.     Dengan buah Tin. Menurut sebagian ahli Tafsir ”Tiin” adalah tempat tinggal Nabi Nuh as yaitu Kota Damaskus yang banyak tumbuh pohon tiin.
b.    Dengan buah Zaitun. Zaitun adalah Baitul Maqdis yang berlokasi di Yerusalem (Palestina) yang banyak ditumbuhi pohon Zaitun. Tempat ini adalah tempat kelahirannya Nabi Isa as.
c.     Dengan bukit Sinai. Tempat ini adalah tempat Nabi Musa as menerima wahyu secara langsung dari Allah swt.
d.    Dengan Kota ini yang aman. Yang dimaksud dengan ”kota ini yang aman” adalah kota Mekkah. Di Kota ini lahir Nabi Akhir Zaman penutup dari semua Nabi, baik Nabi yang membawa syari’at atupun Nabi yang tidak membawa syari’at dialah Nabi Muhammad saw.
  1. Allah Swt. menciptakan manusia dalam bentuk yang sebaik-baiknya (sempurna), baik jasmani maupun rohani dan dilengkapi dengan akal dan nafsu.
  2. Allah Swt. akan mengembalikan manusia ke tempat yang paling rendah yaitu neraka, kecuali mereka yang beriman dan beramal shaleh.
  3. Orang-orang yang beriman dan beramal shaleh mereka akan mendapatkan pahala yang tidak putus-putusnya yaitu surga.
  4. Orang yang tidak beriman dan tidak beramal shaleh adalah orang-orang yang mendustakan Allah. Padahal mereka mengetahui hari kiamat itu akan mati dan akan menghadapi pengadilan Allah.
  5. Allah Swt. adalah Hakim Yang Maha Adil.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Pokok-pokok Isi Kandungan Surat At-Tiin

Pokok-pokok Isi Kandungan Surat At-Tiin Surat At-Tiin terdiri atas 8 ayat, Surat At Tiin adalah surat ke 95 dalam al Qur’an termasuk k...